Pola Seleksi

Home/Pola Seleksi
Pola Seleksi 2017-03-22T12:59:10+00:00

Proses seleksi PMB UII tahun akademik 2016/2017 secara umum mengikuti 3 (tiga) pola seleksi sebagaimana PMB yang dilaksanakan pada tahun akademik sebelumnya, yaitu :

Computer Based Test (CBT), adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Calon dapat memilih maksimal dua pilihan program studi. Tes dilaksanakan di dalam maupun di luar Kampus UII untuk semua program studi kecuali program studi Pendidikan Dokter. Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes selesai dilakukan. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima harus melakukan Registrasi pada waktu dan prosedur yang dapat dilihat pada bagian Registrasi dalam situs ini.

JADUAL PELAKSANAAN CBT

CBT di Kampus UII dilaksanakan 10 Desember 2015 s/d 30 Juli 2016 setiap hari Senin – Sabtu jam 08.00 – 14.00 WIB (kecuali hari libur) di Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi UII – Lantai 1) Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta.

CBT di luar Kampus UII dilaksanakan mulai tanggal 13 Januari 2016. Informasi tentang lokasi penyelenggaraan CBT di luar Kampus UII dapat dilihat di halaman Lokasi CBT di Luar Kampus UII. Pendaftaran CBT Luar Kota dilakukan di masing-masing lokasi penyelenggara CBT di luar Kampus UII.

BIAYA PENDAFTARAN CBT

CBT untuk Strata 1 (S1)
•Pendaftar yang melakukan ujian CBT di Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,-.
•Pendaftar yang melakukan ujian CBT di luar Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,-.

CBT untuk Diploma 3 (D3)
•Pendaftar yang melakukan ujian CBT di Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,-.
•Pendaftar yang melakukan ujian CBT di luar Kampus UII dikenai biaya sebesar Rp 250.000,-.
•Pendaftar yang memilih Program Studi di Strata 1 dan Diploma III (pilihan ganda), dikenakan biaya CBT untuk Jenjang Strata I yaitu Rp 250.000,- (di Kampus UII).
•Pendaftar yang memilih Program Studi di Strata 1 dan Diploma III (pilihan ganda), dikenakan biaya CBT untuk Jenjang Strata I yaitu Rp 250.000,- (di luar Kampus UII).

PROSEDUR & SYARAT CBT
•Membayar biaya pendaftaran ke bank atau kepada petugas di lokasi penyelenggaraan CBT
•Menyerahkan kepada petugas syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut : ◦Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu: Kartu Tanda Penduduk, Kartu Siswa, Surat Izin Mengemudi atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah;
◦Slip pembayaran CBT;
◦Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
◦Khusus pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT atau 4,5 untuk IELTS.

•Melakukan pengisian data (key-in) di Ruang Komputer CBT
•Mengerjakan soal di Ruang Komputer CBT maksimal selama 100 menit
•Menerima hasil CBT dari petugas (hasil langsung didapat setelah selesai mengerjakan soal) bagi pendaftar yang diterima. Hasil CBT untuk pendaftar yang tidak diterima hanya dicetakkan apabila ada permintaan dari pendaftar.

Paper Based Test (PBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT. Khusus program studi Pendidikan Dokter, seleksi calon mahasiswa dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama berupa PBT dan tahap kedua berupa Ujian Komprehensif.

KATEGORI SELEKSI PBT

Seleksi ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.

PBT Potensi
Pada pola seleksi ini hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan.

PBT Mandiri
Pada pola seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa.

Program Studi yang membuka pola seleksi PBT Mandiri adalah: Pendidikan Dokter (S1), Akuntansi (S1), Manajemen (S1), Ilmu Hukum (S1), dan Arsitektur (S1).

SELEKSI TAHAP KEDUA (Khusus Prodi Pendidikan Dokter)

Seleksi ini khusus untuk calon mahasiswa yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter, dan telah dinyatakan lolos ujian tertulis (PBT) atau PSB. Seleksi ini meliputi: Ujian Komprehensif (ujian tulis kemampuan penalaran, tes psikometri, wawancara, dan pemeriksaan dokumen). Seleksi ini menentukan kelulusan calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, namun tidak mengubah besarnya Sumbangan Catur Dharma yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dokumen asli dan salinannya yang diperiksa meliputi:
•Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun).
•Rapor SMA atau sederajat Jurusan IPA Semester 2, 3, dan 4 atau 3, 4, dan 5.

BIAYA DAN PENDAFTARAN
•PBT tanpa pilihan Program Studi Pendidikan Dokter adalah sebesar Rp 250.000,-
•PBT dengan pilihan Program Studi Pendidikan Dokter Rp 300.000,-

PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN
•Membayar biaya pendaftaran PBT. Pembayaran dapat dilakukan melalui: ◦Bank Mandiri melalui ATM dan e-channel (lihat prosedur pembayaran di kolom kanan pada laman ini) atau melalui kantor cabang di seluruh Indonesia
◦Bank Bukopin di kantor kas seluruh UII (Gedung GBPH Prabuningrat, Kantor Rektorat UII; Gedung Prof. Ace Partadiredja, Fakultas Ekonomi UII; atau di Gedung Prof. Mohamad Yamin, Fakultas Hukum UII).
◦Bank Muamalat yang terletak di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta.

•Pendaftar harus datang sendiri di Sekretariat PPMB di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) untuk menyerahkan syarat-syarat pendaftaran kepada petugas berupa: ◦Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu: Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Siswa atau Surat Ijin Mengemudi, atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah,
◦Slip pembayaran PBT,
Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS.
◦Khusus Pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter harus melampirkan fotokopi Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun) dan fotokopi rapor SMA atau sederajat Jurusan IPA (MIA) Semester 2, 3, dan 4 atau 3, 4, dan 5.

•Melakukan pengisian data (key-in) Pendaftaran PBT.
•Melakukan pengambilan foto Pendaftar oleh petugas.
•Melakukan perekaman sidik jari Pendaftar oleh petugas.
•Menerima Kartu Peserta UPCM.
•Pendaftar mengerjakan tes sesuai jadwal dan lokasi.
•Hasil UPCM & surat pemberitahuan pernyataan diterima diunduh melalui akun UPCM masing-masing di laman pmb.uii.ac.id (sesuai jadwal pengumuman).
•Khusus pendaftar yang memilih Seleksi PBT Mandiri diharuskan mengisi surat pernyataan yang berisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Dana Catur Dharma dan kesediaan tidak akan menarik kembali semua dana yang sudah dibayarkan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh orang tua atau wali di atas materai Rp. 6000,-.

PSB adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat-Bakat. Semua program studi menerima mahasiswa melalui jalur PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh Fakultas. Jalur PSB ini terdiri dari 4 (empat) kategori, yaitu Siswa Berprestasi Bidang Akademik, Siswa Berprestasi Bidang Olah Raga dan Seni, Beasiswa Bibit Unggul, serta Hafidz/Hafidzah Al-Qur’an. Khusus jalur PSB hanya menerima pendaftar lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat Tahun Akademik 2015/2016 dan 2016/2017.

KATEGORI SISWA BERPRESTASI BIDANG AKADEMIK

Kategori ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional (seperti olimpiade sains, dan lomba karya ilmiah remaja). .

Syarat Pendaftaran
Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
1.Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8 (delapan ) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada semester semester 4 dan 5;
2.Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
3.Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah); Bagi pendaftar yang tidak mampu/miskin (dibuktikan dengan melampirkan surat GAKIN – Keluarga Miskin dan rekomendasi Kepala Sekolah) dibebaskan dari biaya pendaftaran;
4.Fotokopi sertifikat pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) minimal tingkat provinsi, nasional atau internasional selama berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajatnya yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (jika ada), atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya;
5.Khusus Pendaftar di Prodi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada semester 2, 3 dan 4 atau 3, 4, dan 5 serta fotokopi sertifikat pemenang dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) pada tingkat provinsi yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya;
6.Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada awal tahun ke-2, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS; . Jika siswa pendaftar belum memiliki skor TOEFL, dapat melakukan tes secara gratis di Fakultas Ekonomi UII. Info lebih lanjut ke halaman ini Tes TOEFL gratis.
7.Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima wajib menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,- berisi kesanggupan/komitmen berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik sesuai dengan keunggulan yang dimiliki.

KATEGORI SISWA BERPRESTASI BIDANG OLAH RAGA DAN SENI

Kategori ini ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi dalam bidang olah raga dan seni di tingkat internasional, nasional dan atau regional/provinsi.

Syarat Pendaftaran
Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
1.Fotokopi rapor SMA atau sederajat yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan nol – Kurikulum 2013) pada semester 4 dan 5;
2.Fotokopi sertifikat pemenang dalam kompetisi bidang ilmu olah raga atau seni minimal tingkat provinsi yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya;
3.Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
4.Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah); Bagi pendaftar yang tidak mampu/miskin (dibuktikan dengan melampirkan surat GAKIN – Keluarga Miskin dan rekomendasi Kepala Sekolah) dibebaskan dari biaya pendaftaran;
5.Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS;
6.Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima wajib menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,- berisi kesanggupan/komitmen berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik sesuai dengan keunggulan yang dimiliki.

KATEGORI BEASISWA BIBIT UNGGUL

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Khusus kategori ini, siswa yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi yang meliputi SPP (maksimal 8 semester) dan sumbangan dana Catur Dharma. Siswa dikenai evaluasi prestasi setiap semester (setelah mulai aktif kuliah sebagai Mahasiswa UII), dan beasiswa ini dapat dicabut apabila mahasiswa tersebut tidak menunjukkan prestasi yang disyaratkan sebagai penerima beasiswa. Pada pola seleksi PSB kategori ini, setiap program studi S1 memiliki kuota satu mahasiswa yang akan diterima per tahun akademik.

Syarat Pendaftaran
Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
1.Fotokopi rapor SMA atau sederajat yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8,5 (delapan koma lima) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,40 (tiga koma empat nol – Kurikulum 2013) pada semester 1, 2, 3, 4 dan 5;
2.Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking sekolah 10 (sepuluh) besar pada semester 1, 2, 3, 4 dan 5;
3.Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar;
4.Surat keterangan tidak mampu dari Kecamatan dan menyertakan fotokopi Kartu GAKIN – Keluarga Miskin, serta rekomendasi Kepala Sekolah. Bila diperlukan, UII akan melakukan pemeriksaan kondisi keluarga secara langsung;
5.Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS;
6.Khusus Pendaftar di Prodi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan 8,5 (delapan koma lima) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,40 (tiga koma empat nol – Kurikulum 2013) pada semester 2, 3 dan 4 atau 3, 4 dan 5 dan fotokopi sertifikat pemenang dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) minimal tingkat provinsi yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya;
7.Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima wajib menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,- berisi kesanggupan/komitmen berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik sesuai dengan keunggulan yang dimiliki.

KATEGORI BEASISWA HAFIDZ/HAFIDZAH AL-QUR’AN

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Al-Qur’an minimal 15 Juz. Bagi pendaftar yang lolos seleksi melalui kategori ini dapat mengajukan Beasiswa Hafidz/Hafidzah Al-Qur’an.

Syarat Pendaftaran
Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
1.Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan nol – Kurikulum 2013) pada semester 4 dan 5;
2.Hafal Al-Quran minimal 15 Juz (dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur’an/LPTQ);
3.Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
4.Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah);
5.Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada awal tahun ke-2, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS;
6.Khusus Pendaftar di Prodi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada semester 2, 3 dan 4 atau 3, 4, dan 5 serta fotokopi sertifikat pemenang dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) minimal tingkat provinsi yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya;
7.Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima wajib menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,- berisi kesanggupan/komitmen berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik sesuai dengan keunggulan yang dimiliki.

Calon mahasiswa yang yang lolos seleksi jalur PSB HAFIDZ
tidak otomatis mendapat BEASISWA HAFIDZ.
SELEKSI BEASISWA HAFIDZ akan dilaksanakan melalui ujian tersendiri.

Toggle

PROSEDUR PENDAFTARAN PSB
•Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PSB secara individu melalui prosedur sebagai berikut: ◦Melakukan pembayaran melalui salah satu cara berikut: ◾ATM, e-channel atau seluruh Kantor Cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia,
◾Bank Bukopin di Kantor Kas seluruh UII (Gedung GBPH Prabuningrat, Kantor Rektorat UII; Gedung Prof. Ace Partadiredja, Fakultas Ekonomi UII; dan Gedung Prof. Mohamad Yamin, Fakultas Hukum UII).
◾Bank Muamalat yang terletak di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta.

◦Pendaftar menerima slip pembayaran yang berisi nomor Ujian Potensi Calom Mahasiswa (UPCM) dan kata kunci (password) yang digunakan untuk melakukan pengisian data pendaftaran secara daring (online) di alamat pmb.uii.ac.id (klik menu/tautan PSB pada website).
◦Prosedur pembayaran melalui ATM dapat dilihat melalui laman pmb.uii.ac.id. Pembayaran (via ATM) yang dilakukan setelah pukul 15:00 WIB baru dapat melakukan login pada hari berikutnya.
◦Pembayaran pendaftaran PMB pada tiap akhir periode pendaftaran (sesuai jadwal) disarankan untuk dilakukan sebelum pukul 15:00 WIB.

•Melakukan pengisian data (key in) di laman pmb.uii.ac.id dengan prosedur sebagai berikut: ◦Login dengan nomor UPCM yang diterima/dimiliki (satu nomor UPCM hanya dapat digunakan satu orang pendaftar).
◦Pengisian data diri dan prestasi sesuai dengan kategori PSB yang dipilih (prestasi bidang akademik, prestasi bidang olah raga dan seni, beasiswa bibit unggul, atau hafidz/hafidzah Al-Qur’an).
◦Setelah menyatakan selesai, pendaftar memilih menu “simpan” yang tersedia di sistem.

•Mencetak hasil isian key in (kartu pendaftaran). Satu lembar untuk pendaftar dan satu lembar dikirimkan ke panitia PMB.
•Mengirimkan atau menyerahkan hasil isian key in (kartu pendaftaran), pas foto (3×4), fotokopi rapor, slip pembayaran dan dokumen pendukung ke Sekretariat PPMB.

INFORMASI

Silahkan unduh file PDF berikut ini untuk mengetahui tentang prosedur pembayaran pendaftaran PSB melalui layanan ATM dan e-channel:

>>> Pembayaran Pendaftaran PSB UII via Layanan ATM Mandiri